Jumat, 24 Februari 2012

Inovasi & Kreatifitas - Kewirausahaan

Inovasi adalah mengembangkan ide untuk memecahkan masalah dan merubah ide tersebut menjadi peluang yang bisa diterima oleh pasar.

Peranan inovasi dan kreatifitas: Pengusaha yang dapat menciptakan jenis barang baru akan memberi keuntungan bagi pasar sehingga lebih banyak terdapat pilihan bagi konsumen.
  
Proses inovasi:
·         Melihat peluang
·         Mengeluarkan ide
·         Mengkaji ide
·         Implementasi

Kreatifitas adalah mengembangkan ide untuk memecahkan maslaah & merubah ide-ide tersebut menjadi peluang.

Berfikir kreatif adalm kewirausahaan , tujuh langkah berfikir kreatif:
·         Preparation (persiapan)
·         Investigation (penyelidikan)
·         Transformastion
·         Incubation
·         Illumination (penerangan)
·         Verification (pengujian)
·         Implementation (implementasi)

Cara membangun kreatifitas:
·         Selalu bertanya
·         Selalu menantang kebiasaan, tradisi, dan kebiasaan rutin
·         Berefleksi, berpikir dalam
·         Berani mermain mental, mencoba untuk melihat masalah dari persfektif yang berbeda
·         Mengkorelasikan ide-ide yang masih samar terhadap masalah untuk menghasilkan pemecahan inovatif
·         Menyadari kemungkinan banyak jawaban daripada satu jawaban yang benar
·         Melihat kegagalan dan kesalahan hanya sebagai jalan untuk mencapai kesuksesan.

Faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreatifitas dalam perusahaan:
·         Motivasi Untuk Kreativitas
·         Kondisi Eksternal yang mendorong perilaku kretivitas, kondisi dari lingkungan secara konstruktif ikut mendorong munculnya kreativitas.

Faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan
·         Hambatan Psikologis
·         Hambatan Budaya
·         Hambatan Lingkungan sosial maupun fisik
·         Hambatan Bahasa Berpikir
·         Hambatan Keterpakuan Fungsional


Tantangan untuk mendirikan usaha baru:
·         Masalah eksternal, yaitu lingkungan misalnya banyaknya pesaing dan ukuran peluang pasar.
·         Masalah internal, yaitu masalah yang ada dalam perusahaan, mislanya masalah image atau reputasi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar